4 Komponen Yang Harus Diperiksa Sebelum Berkendara di Kondisi Hujan

Berkendara saat sedang hujan menuntut konsentrasi di pihak pengendara. Namun sebelum memutuskan untuk berkendara di kondisi hujan, pengendara harus memperhatikan beberapa komponen penting yang terdapat di mobil. Bisa jadi, ada beberapa komponen yang sudah aus dan rusak. Jika dipaksakan, pasti akan membahayakan keselamatan pengemudi maupun penumpang.

Pada waktu melakukan pemeriksaan, coba perhatikan bagian mana yang patut mendapat perbaikan. Setidaknya ada 4 bagian yang harus di perhatikan kondisinya.

1. Lampu depan

Sangat penting untuk mengetahui kondisi terkini lampu depan. Bagian ini berfungsi sebagai sumber pencahayaan saat berkendara di malam hari dan saat hujan. Pastikan bola lampu depan, lampu kota dan lampu sein apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. 

2. Karet wifer

Pastikan apakah karet wifer masih bisa menyapu air hujan dengan baik. Cek kondisi karetnya apakah sudah tipis. Jika sudah tipis, segera ganti dengan yang baru agar karet bisa menyapu percikan air hujan dengan baik dan pandangan anda melalui kaca depan terlihat jelas.

3. Rem

Kondisi jalanan yang licin saat hujan sudah pasti membahayakan. Karena itu kondisi rem patut menjadi perhatian khusus. Agar mobil tidak tergelincir dan berubah arah, pastikan kondisi tapak rem apakah masih tebal atau sudah tipis.

4. Ban

Jangan remehkan peran ban saat melibas jalanan dalam kondisi licin. Sebelum berpergian ke tempat yang jauh, pastikan kondisi ban depan dan belakang apakah masih bisa digunakan atau tidak. Jangan sampai pada waktu melakukan pengereman ban malah slip dan ini bisa berbahaya.

Baca Juga:  Ini Dampak Buruk Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

Check Also

Wajib Tau Masbro, Ini 4 Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Rusak

Cara memperbaiki klakson motor yang rusak-Sebagai pengendara sepeda motor, anda harus mengenal dengan baik fitur-fitur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *